Tempat Wisata di Indonesia yang terkenal Menyeramkan

Tempat wisata yang merupakan buatan (man made) di Indonesia, rata-rata merupakan bangunan atau situs bersejarah. Selain kaya dengan sejarah, beberapa tempat wisata tersebut terkenal dengan sisi lainnya, yaitu cerita legenda urban. Tidak sedikit tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan legenda urban yang menyeramkan dan berbalut dengan kisah mistis.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang terkenal dengan legenda urban yang menyeramkan, di antaranya adalah:

1. Gunung Kawi

Tempat wisata di Indonesia yang menyeramkan yang pertama adalah Gunung Kawi. Gunung kawi merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur. Selain terkenal dengan panorama alam yang indah, gunung ini di balut dengan cerita mistis. Konon katanya, gunung ini terkenal sebagai tempat pesugihan dan tumbal. Banyak sekali warga yang datang dari berbagai daerah untuk melakukan ritual pemujaan gaib. Pelaku ritual ini percaya dengan melakukan petapaan di Gunung Kawi, bisa mendapatkan kekayaan secara Instant.

2. Desa Trunyan

Tempat wisata di Indonesia yang menyeram kedu adalah Desa Trunyan. Desa ini terletak di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasi desa tidak jauh dengan Danau Batur. Disini lah mayat-mayat akan diletakkan di atas tanah begitu saja, di bawah pohon taru menyan sebagai prosesi adat. Pohon taru menyan itu dapat menghilangkan bau busuk dari mayat. Di tempat ini pula tulang berulang manusia akan dijajarkan dan dapat dilihat langsung. Susunan tulang ini, menciptakan pemandangan yang menyeramkan bagi kamu yang tidak terbiasa.

3. Lawang Sewu

Tempat wisata di Indonesia yang menyeramkan yang ketiga adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan salah satu tempat bersejarah dan menjadi ikon dari kota Semarang, Jawa Tengah. Dulunya, tempat ini merupakan kantor administrasi Indische Spoorwer Maatscappij (NIS), perusahaan kereta api swasta asal Belanda. Selain menjadi kantor, tempat ini juga merangkap sebagai penjara di masa penjajahan jepang. Sejarah masa lalu ditambah pintu yang banyak (429 pintu) menciptakan  suasana horor yang menarik minat wisatawan. Lawang Sewu semakin terkenal saat ada program televisi uji nyali melakukan syuting di penjara bawah tanah.

4.Pantai Parangkusumo

Tempat wisata di Indonesia yang menyeramkan keempat adalah pantai Parangkusumo. Pantai ini berada di daerah Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang berwarna hitam dan ombaknya yang kuat. Konon katanya, tempat ini merupakan portal gaib menuju kerajaan Ratu Selatan, Nyi Roro Kidul. Letak pantai ini bertetangga dengan Pantai Parangtritis. Beberapa ritual adat seringkali dilaksanakan di pantai ini.

5. Benteng Vredeburg

Tempat wisata di Indonesia yang Menyeramkan kelima adalah Benteng Vredeburg. Benteng ini merupakan tempat wisata populer yang berada di Yogyakarta, tepatnya di dekat Jalan Malioboro. Benteng ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1760, dengan dalih menjaga keamanan keraton dan sekitarnya. Sekarang bangunan ini telah beralih fungsi menjadi museum yang menyimpan regalia dan dokumen zaman penjajahan belanda. Nuansa benteng yang dingin dan didominasi warna putih, menceritakan atmosfer yang menyeramkan. Legenda urban yang beredar, pernah ada beberapa orang yang melihat penampakan hantu Belanda di malam hari.

6. Hotel P.I Bedugul

Seperti namanya, hotel ini berada di daerah Bedugul, Bali. Namun, bila datang ke tempat ini, kamu jangan berharap bisa memesan kamar, karena hotel ini sudah tidak beroperasi lagi. Akibatnya, bangunan dengan gaya bali ini lengkap dengan segala perabotannya ini terbengkalai selama beberapa dekade. Karena itu, banyak kejadian mistis di tempat ini. Warga sekitar mendengar suara keramaian dari dalam hotel kosong ini. Beberapa orang juga kerap melihat sesosok perempuan berambut pendek yang berkeliaran di area hotel. Tempat ini bahkan di juluki sebagai “ghost Palace Hotel”

Itulah beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal menyeramkan. Bagaimana? Apakah kamu berani untuk mendatanginya?