Tetap Gaul Meski Introvert

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, ada yang senang berinteraksi dengan banyak orang, ada juga yang lebih senang sendiri. Tapi sebagaimana kita tahu bahwa mau bagaimanapun kita semua adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, entah hanya sekadar teman bicara ataupun saling membantu. Lalu bagaimana jika kamu adalah orang introvert sehingga cukup sulit bersosialisasi atau bahkan sekadar bicara pada seseorang? Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang besar pada kehidupanmu, terutama dalam hal pekerjaan.

Apapun jenis pekerjaan di dunia ini, setidaknya kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik. Jika kamu hendak melamar pekerjaan pada seuatu perusahaan, maka kamu harus bisa membuat HRD atau bagian personalia yakin untuk mempekerjakanmu. Begitu juga jika kamu ingin membangun usaha sendiri, kamu juga harus bisa menarik perhatian para pelanggan untuk menggunakan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Introvert dan Dua Kepribadian Lainnya

Di setiap tes psikologi, umumnya kepribadian seseorang hanya digolongkan pada dua jenis kategori yaitu ekstrovert dan introvert. Ekstrovert digambarkan sebagai orang yang terbuka, senang bicara, dan sangat suka berinteraksi dengan banyak orang. Adapun introvert didefinisikan sebagai orang  yang selalu merasa aman dan nyaman ketika mereka sendirian dan tidak mudah dalam menjalin komunikasi pada orang yang baru mereka temui. Tapi tahukah kamu bahwa ada istilah lain untuk menggambarkan kepribadian seseorang yang disebut ambivert?

Orang yang termasuk ke dalam kategori ambivert bisa dikatakan memiliki gabungan sifat dari introvert dan ekstrovert, di mana ada saatnya orang tersebut mendapatkan energi dengan terus berinteraksi dengan orang lain. Tapi ada saatnya juga ia merasa lelah berada di keramaian sehingga harus memulihkan energi dengan mengambil waktu sejenak untuk menyendiri.

Hal yang Perlu Dilakukan Introvert Agar Mudah Bergaul

Menjadi orang yang sulit diajak berkomunikasi tentunya mudah dicap membosankan oleh orang lain. Jika dibiarkan, bisa-bisa kamu tidak memiliki teman. Oleh karena itu, hal pertama yang perlu kamu coba lakukan agar bisa lebih mudah untuk bergaul dengan orang lain yaitu menumbuhkan rasa percaya diri. Meski kamu adalah orang yang introvert sekalipun, maka cobalah untuk keluar dari zona nyamanmu selama ini dengan mencoba bertemu banyak orang.

Dimulai dengan berkumpul bersama teman atau bahkan kamu bisa belajar membaur di antara orang-orang yang berbeda usia, budaya, ataupun bahasa denganmu. Selama kamu bersikap sopan dan berlebihan, cobalah berbicara dengan mereka. Kamu juga harus tahu bahwa trik agar lawan bicara betah megobrol denganmu adalah berbicara tentang mereka. Terus membicarakan dirimu sendiri hanya akan membuat mereka bosan. Berbeda jika kamu membalikan pertanyaan sehingga mereka bisa menceritakan diri mereka. Jika kamu tidak ingin situasi canggung, hindari pertanyaan yang kemungkinan besar dijawab secara singkat seperti sudah makan atau belum, kapan datang atau pulang, dan lain-lain.

Lalu kamu juga harus terbiasa untuk berani memulai percakapan. Kebanyakan orang selalu menunggu untuk disapa terlebih dahulu, maka tak ada salahnya jika kamu yang memulainya. Sikap ini bisa membuatmu terkesan ramah dan supel di mata orang lain. Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang kebanyakan masyarakatnya senang berinteraksi bahkan saat berada di ruang publik. Meski ada beberapa orang yang cuek dan tidak suka bicara dengan orang yang baru mereka kenal, namun tidak ada salahnya mencoba, kan?

Sekarang kamu sudah tahu beberapa cara yang bisa dilakukan, terutama bagi kamu yang seorang introvert, agar bisa mudah bergaul. Jadi, bagi kamu yang masih sering merasa kesulitan dalam bergaul atau malu bicara pada orang lain, mulai saat ini jangan lagi biarkan hal itu terus melekat pada dirimu ya!