Tetap Produktif di Waktu Senggang dengan Aktivitas Positif

Mayoritas orang akan bermalas-malasan saat memiliki waktu luang terutama di hari libur. Padahal, dibandingkan bersikap demikian, masih ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar seseorang menjadi produktif di waktu senggang sekalipun. Sebagaimana ada istilah yang berbunyi ‘waktu adalah uang’, akan lebih baik jika kamu menerapkan istilah tersebut dalam kehidupan sehari-hari karena dengan begitu, kamu bisa lebih paham bahwa waktu yang terus berjalan dan tak bisa diputar kembali sangatlah berharga jika hanya diisi dengan aktivitas yang sia-sia.

  1. 1 Produktif Bukan Hanya Perihal Finansial


    Uang identik dengan nilai atau harga. Jadi jika dikaitkan pada istilah ‘waktu adalah uang’, hal tersebut tidak selalu berarti lembaran kertas, koin, atau cek yang bisa dipakai untuk belanja saja, namun bisa juga dikaitkan dengan berbagai hal lain yang tak bisa terukur jumlahnya, yakni pengalaman dan peningkatan kemampuan seseorang. 

    Dua hal ini adalah ‘uang’ yang tidak bisa ditukar dengan baju mahal atau makanan terenak di dunia, tapi mampu menjadi nilai dari kehidupan seorang individu yang mampu memengaruhi karakter serta pola pikirnya sendiri. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk tetap bisa produktif di waktu senggang berarti kamu juga sudah memutuskan untuk berusaha mendapatkan hal berharga bagi dirimu sendiri.

  2. 2 Kegiatan Produktif di Waktu Senggang


    1. Olahraga

    Berolahraga bukan hanya bertujuan untuk memiliki tubuh ideal atau otot yang mengagumkan saja, akan tetapi kegiatan ini akan bermanfaat bagi kesehatan dan daya tahan tubuhmu. Tapi ingat ya, jangan melakukan olahraga secara berlebihan juga karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik!


    2. Bersosialisasi

    Dibanding duduk diam dan tidur-tiduran di kamar, lebih baik kamu banyak-banyak bersosialisasi / berinteraksi dengan orang lain, minimal mereka yang ada di sekitarmu seperti keluarga, teman, ataupun tetangga. Kamu bisa membahas pengalaman, rencana masa depan, isu-isu sosial, dan lain-lain. Selain bisa membuat hidupmu berjalan seimbang antara karier dan berhubungan dengan orang lain, kegiatan ini juga sangat baik untuk memperluas jaringan pertemananmu.


    3. Buat Daftar Target yang Ingin Dicapai

    Meski terdengar tak penting, kenyataannya dengan membuat daftar seperti ini akan membuatmu tetap produktif di waktu senggang. Daftar target bisa menjadi motivasi terbesar dalam mencapai sesuatu. Saat suatu hari kamu merasa lelah atau kesulitan, membaca daftar tersebut akan membuatmu ingat bahwa kamu benar-benar ingin berhasil untuk mencapainya.


    4. Membersihkan File pada Gadget

    Pasti kamu pernah merasa risih saat melihat file/ berkas pada laptop atau ponselmu yang berantakan dan tak sesuai folder sehingga terkadang kamu kesulitan menemukan sesuatu. Belum lagi gadget yang sering dipakai ini tentunya memiliki banyak berkas, entah itu berupa foto, musik, video, maupun dokumen yang sebenarnya tidak pernah kamu lihat atau berguna lagi. 

    Nah, saat kamu memiliki waktu luang, maka kamu bisa membereskan berkas ke dalam folder yang tepat dan menghapus beberapa di antaranya yang dirasa tidak perlu disimpan lagi. Dalam melakukan hal ini, kamu juga harus tegas untuk membuat pilihan. Karena biasanya saat seseorang hendak menghapus dengan membuka-buka berkas kembali, mereka akan merasa sayang untuk membuangnya hingga akhirnya tidak ada satupun file yang dihapus, padahal besok-besoknya pun tak tersentuh lagi. Sia-sia deh kegiatan ini.


    5. Lakukan Hobi

    Melakukan kegiatan ini sangat bermanfaat terutama sebagai penghilang stres. Selain itu, jika dilakukan dengan rutin, kemampuanmu dalam bidang yang kamu sukai itu pun tentu akan meningkat.


    6. Menonton Serial TV atau Film

    Jika kamu adalah salah satu orang yang suka menonton serial TV atau film, maka kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu kegiatan yang produktif di waktu senggang. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa tayangan yang kamu saksikan benar-benar memiliki nilai yang berguna untukmu. 

    Misalnya nilai moral dan motivasi. Lalu jika kamu suka menonton serial / film luar, jangan hanya sekadar tahu jalan ceritanya. Cobalah untuk memahami ucapan mereka dengan mendengarkannya dan mengetahui artinya dari subtitle. Semakin sering kamu melakukannya, siapa tahu kemampuan bahasa asing pun bertambah baik, kan?


    Intinya, segala kegiatan yang mampu meningkatkan kualitas diri seseorang bisa disebut produktif, baik hasilnya berupa uang, motivasi, hiburan, kesehatan, maupun pengetahuan. Dari banyaknya kegiatan produktif di waktu senggang yang bisa dilakukan, apa kegiatan-kegiatan di atas adalah yang sering kamu lakukan? Atau kamu punya kegiatan produktif lainnya?