Tidak Baik-Baik Saja Adalah Hal Biasa, Tak Usah Gundah Berlebihan

62

Bukan hidup namanya kalau tanpa ujian dan cobaan. Setiap orang punya ujian dan permasalahan hidup tersendiri yang tak bisa dibandingkan dengan orang lain. Pun juga denganmu pasti pernah berada pada posisi tidak baik-baik saja. Entah harapanmu yang tak terwujud, kekecewaan yang ditimbulkan oleh sahabat, atau kesalahan yang membuatmu menyesal sejadi-jadinya.
Ketika kamu bahagia nampaknya hidup terasa ringan. Tak ada beban dan tekanan yang menghalangi senyummu. Kamu merasa jadi orang paling beruntung di muka bumi. Kamu berterima kasih kepada Tuhan dan kehidupan. Kamu tertawa dan tanpa sadar memberi energi positif untuk orang-orang di sekelilingmu.
Yang sulit dilakukan adalah merasa atau bersikap baik-baik saja ketika hidupmu sedang tidak baik-baik saja. Biasanya orang-orang akan mengungkapkan kekecewaan dan rasa sedih yang ia rasakan sampai seluruh dunia tahu bahwa kehidupan sedang kejam kepadanya. Ia memaki hidup, menganggap Tuhan tak adil, dan merasa sebagai orang yang paling tidak beruntung di dunia.
Padahal ia tahu persis kesedihan apapun itu pasti berlalu seiring bergulirnya waktu. Tak ada yang abadi dalam hidup ini, begitu pun kesedihan maupun kebahagiaan. Mereka laksana bulan dan matahari. Datang silih berganti memberi warna dalam kehidupanmu yang fana ini. Maka mengapa habiskan energi untuk meratapi keadaanmu yang sedang tidak baik-baik saja ini?
Merasa baik-baik saja ketika kamu sedang tidak berada pada posisi itu bukan berarti munafik atau membohongi diri. Justru hal tersebut merupakan bukti bahwa kamu mulai belajar dewasa dalam bertindak dan berpikir. Bukan memanjakan rasa kesal dan tidak bersyukur yang sering datang bertamu saat hidupmu sedang dirundung pilu.
Kamu mungkin bukan orang yang terkuat, apalagi terhebat. Tapi kamu berhak untuk bahagia dan hidup dengan tenang. Ketenangan hanya bisa kamu dapatkan ketika kamu mampu mengontrol segala bentuk emosi, pikiran, dan tingkah lakukmu. Tidak ada untungnya mengutuk kehidupan, tak ada manfaatnya protes pada Tuhan. Kamu hanya perlu bersabar dan berpikir positif ketika sedang tidak baik-baik saja. Niscaya kamu akan merasa lebih baik dari sebelumnya.

[zombify_post]

Previous article3 Langkah Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris
Next articleMahasiswa Tingkat Akhir, Bacalah Ini Sebelum Mulai Mengerjakan Skripsi!