Tips Diet Sehat Untuk Golongan Darah O

Kamu mungkin pernah dengar atau sering mendengar diet myo, diet keto, atau diet OCD. Namun, selain diet-diet tersebut ternyata ada jenis diet lain yaitu diet golongan darah. Diet golongan darah ini pertama kali dikenalkan oleh seorang naturopatis atau ahli terapi alami bernama Peter D’Adamo pada tahun 1996. Dalam buku yang ia tulis, pembaca disarankan untuk memilih mengonsumsi makanan sesuai golongan darah. Karena buku best seller itu pula, orang-orang menjadi tertarik untuk mengetahui golongan darahnya. Juga memperbaiki daftar belanjan mereka. Itu artinya, mengubah kebiasaan pola makan dan olah raga. Berikut ini merupakan tips pola makanan yang tepat untuk menjalani diet bagi golongan darah O.

Makanan yang Dianjurkan Untuk Golongan Darah O

Bagi kamu yang memiliki golongan darah O, kamu mempunyai saluran pencernaan yang baik, nmaka mengkonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging dan ikan. Sebab ikan mengandung omega 3 yang bagus untuk otak dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, juga dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau ataupun kacang-kacangan. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Dianjurkan pula untuk meminum susu, keju. Dan yoghurt karena dapat menjadi sumber energy beraktivitas.

Cara Menjalankan Diet Golongan Darah O

Berikut ini merupakan makanan yang perlu dihindari dan bisa dikonsumsi dalam menjalani diet gologan darah O, yaitu diantaranya adalah:

Ikan dan daging

Seperti yang telah disinggung diatas, ikan dan daging baik untuk seseorang yang memiliki golongan darah O. Namun, seafood dan daging merah sangat direkomendsikan karena dapat membantu menurunkan berat badan. Contohnya adalah, daging sapi, kambing, unggas, ikan kod, dan makarel. Daging yang sebaiknya dihindari ketika menjalani diet golongan darah inia dalah daging babi termasuk bacon, ikan salmon asap, dan caviar.

Buah dan sayur

Bagi kamu yang memilki golongan darah O, dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang dan mangga karena bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan, melon madu, blewah, durian, sebaiknya dibatasi konsumsinya. Kemudian untuk sayuran, kamu dapat makan seledri, daun bawang, bayam, buncis, brokoli, dan kangkus. Namun, hindari konsumsi kubis, kol bunga, jamur shitake, kentang, dan jagung.

Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang sebaiknya dibatasi konsumsinya seperti jagung, gandum, kacang navy,dan kacang merah.

Olahraga

Diet yang efektif harus diimbangi dengan olahraga karena akan memberikan hasil yang maksimal untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Olahraga yang sesuai untuk gologan darah O adalah aerobic, jogging, atau bisa dengan melakukan kegaitan fisik semisal bela diri.

Suplemen

Minumlah suplemen sebab dibutuhkan untuk menunjang kekebalan tubuh. Terutama suplemen yang mengandung vitamin B, kalsium, serta vitamin C, sehingga kondisi tubuh kamu akan seallu fit dan siap untuk melakukan aktivitas apapun.

Meskipun terdengar menarik untuk mencobanya, hingga kini belum ada penelitian ilmiah yang cukup untuk membuktikan bahwa diet berdasarkan golongan darah, termasuk golongan darah O, efektif untuk menurunkan berat badan atau mencegah penyakit tertentu. Diet ini tidak terbukti lebih sehat atau lebih bermanfaat dibandingkan dengan jenis deit lainnya.

Berbagai studipun menunjukkan bahwa diet jenis ini tidak secara signifikan memberikan efektif atau manfaat terhadap kesehatan. Diet tersebut juga tidak terbukti efektif dapat menurunkan berat badan. Walaupun demikian, ada beberapa orang yang berhasil menurunkan berat badan setelah menjalankan diet golongan darah ini. Namun, banyak yang meyakini bahwa keberhasulan tersebut lebih dipengaruhi oleh factor lain, seperti pembatasan asupan kalori dari makanan dan minuman serta rutin berolah raga.

Mengikuti program diet golongan darah dan hanya mengonsumsi makanan untuk golongan darah AB sebetulnya tetap diperbolehkan, tetapi sebaiknya dilakukan dalam pengawasan dokter dan dengan tujuan untuk membuat tubuh sehat.

Jangan pernah mengorbankan kesehatan anda hanya demi menurunkan berat badan. Kesehatan anda adalah yang paling penting dibandingkan dengan menurunkan berat badan. Untuk memastikan apakah jenis diet ini benar-benar ekfektif dan sesuai dengan kondisi kesehatan anda, sebaiknya konsutasikan dengan dokter terlebih dahulu.