Tips Membangun Karir untuk Fresh Graduate

102

Bagi kamu fresh graduate atau lulusan baru, membangun jenjang karier adalah salah satu hal yang penting. Agar kamu tidak hanya bekerja mengikuti arus, tentunya kamu harus punya target untuk mematangkan kapasitas diri.

Hal apa saja sih yang dibutuhkan?

Head of Expertise Group Finance PPM Manajemen, Yanuar Adrianto mengatakan, hal yang pertama kali mesti dilakukan adalah career goals (tujuan karier) apakah yang ingin dicapai. “Seringkali mereka follow the money, akhirnya kreatifitas mereka terbatas pada uang, yag pada akhirnya hanya yes to the boss aja, tidak sesuai dengan tujuan dalam diri.” Ujarnya.

photo source: okezone.com

Fresh graduate yang masih memulai karir bekernya memang masih banyak memerlukan mentoring atau coaching. Sebab, ia akan lebih terarah dan akan dengan cepat dalam mengembangkan kapasitas diri.

Para pekerja pemula bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di tempat bekerja dan aktif menemukan segala sesuatu apa pun itu yang membuat dirinya dapat berkembang.

Pekerja pemula juga sangat dianjurkan untuk membanguan social network dengan ekosistem yang membangun, bukan hanya bekerja sebagai rutinitas. Social network yang dibangun ini dapat menimbulkan kepercayaan pada rekan kerja yang potensial. Di sisi lain pekerja pemula juga dianjurkan tidak hanya berkumpul untuk sekedar ‘bersenang-senang’ dan kebutuhan ‘konsumsi’, tapi juga agar bisa ‘produktif’.

photo source: okezone.com

Selain menyiapkan target dan ekosistem yang mendukung, pekerja pemula juga tidak boleh lupa mengabaikan evaluasi diri. Sebab, hal ini lah yang akan menentukan jenjang karir kamu selanjutnya. Apakah pekerjaan yang dijalani sesuai dengan visi misi diri, maka evaluasi diri ini sangat penting untuk mengetahui apakah harus berhenti ataukah jalan terus dengan apa yang sedang dijalani.

[zombify_post]

Previous article10 Caption Romantis Nan Kocak Ringgo Agusrahman ke Istri
Next article7 Film Klasik Legendaris yang Harus Kamu Tonton