Tips Menagih Utang yang Paling Efektif

Sungguh sangat mengesalkan apabila seseorang yang memiliki hutang tidak kunjung membayar hutangnya, terlebih lagi ketika kita hendak menagih hutang tersebut namun orang tersebut justru marah-marah dan terus menjanjikan untuk membayar di lain waktu. Di sis ilain, kita juga sering bingung bagaimana cara menagih hutang yang baik dan tidak menyinggung. Saat  meminjamkan hutang, tentunya kita memiliki niat yang baik, yaitu untuk menolong orang tersebut. Namun, tidak jarang peminjang uang suka lupa utangnya. Memang saat menagih utang , kita sering tidak tega, tetapi di saat yang sama kita juga membutuhkan uang tersebut. Maka dari itu, kita perlu tegas dalam menagih hutang. Ketegasan tersebut tidak perlu menggunakan nada tinggi atau dengan kata kasar yang menyinggung. Agar efektif, berikut ini merupakan beberapa tips agar menagih hutang tidak berlarut-larut:

Mengingatkan Batas Waktu Pembayaran Utang

Biasanya sebelum memberikan pinjama uang, tentunya kita harus menanyakan kapan si peminjam uang akan membayarkan utangnya. Ingatlah tenggat waktu tersebut, sehingga kita akan lebih nyaman saat menagih hutang tersebut. Tagihlah ketika tenggat waktu itu habis. Ketika menagihnya, katakanlah bahwa kita sangat membutuhkan uang tersebut. Cara menagihnya dengan cara baik-baik agar tidak merusak hubungan pertemanan.

Membuat Perjanjian Tertulis

Sebenarnya, kesepakatan utang diantara pertemanan atau saudara adalah di dasarkan dari rasa kepercayaan. Namun, ada baiknya jika kalian membuat surat kesepakatan hitam di atas putih agar perjanjian itu lebih mengikat, terutama jika jumlah uang yang dipinjam cukup besar. Dalam surat tersebut, tulislah jumlah uang yang kamu pinjamkan, cara membayarnya (tunai ataupun menyicil) dan tenggat waktu pembayarannya. Dengan adanya surat tersebut, kamu akan lebih nyaman ketika akan menagih hutang.

Cara Menagih Utang Lewat keluarga

Jika kamu cukup dekat dengan teman atau keluarganya si peminjam utang, maka datangilah keluarganya. Saat bertamu ke rumah keluarganya, ceritakanlah baik-baik awal permasalahannya, kemudian tanyakan kepada orang tua, kakak, atau adiknya, mengenai solusi pembayaran utang tersebut. Dalam hal ini yang terpenting sudah ada itikad baik dari keluarga peminjam uang yang melunasi hutangnya. 

Beri Tahu Kebutuhan Kamu

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menagih utang adalah dengan membuat peminjam uang bersimpati. Ceritakanlah secara terus terang bahwa kamu sangat membutuhkan uang tersebut. Ceritakan juga masalah yang sedang kamu hadapi, sehingga kamu membutuhkan uang dan sangat mendesak.

Cara Menagih Utang Lewat Pihak Ketiga

Jika kamu terlalu sungkan untuk menagih hutang scara langsung, kamu dapat menagihnya lewat pihak ketiga. Pihak ketiga inilah bisa siapa saja, teman, saudara, rekan kerja, dll. Hal terpenting, pihak ketiga harus mengenal pemberi pinjaman dan peminjang uangnya. Selain itu, pihak ketiga haruslah orang yang di hormati oleh peminjam uang, sehingga kata-katanya akan didengar. Tagihlah utang secara baik-baik agar tidak merusak relasi antara pemberi pinjam dengan peminjam uang.

Cara Menagih Utang Dengan Menyindir Lewat Chat

jika cara-cara diatas belum ampuh, maka kamu dapat menggunakan cara menagih hutang lewat sindirian di chat. Ada beberapa metode chat yang dapat digunakan seperti menceramahinya soal beban akhirat, berbasa-basi sebelum menagih hutang, tendang si peminjam dari grup chat, sampai kutip ayat suci.

Membuat status di media sosial

Jika chat masih belum cukup, maka kamu bisa gunakan cara menagih hutang dengan menyindirnya lewat status di media sosial. Kamu dapat mengunggah status bernada sindiran. Dengan begitu si peminjamm akan merasa tersindir dan merasa tidak enak.

Begitulah beberapa tips untuk menagih hutang agar efektif supaya si peminjam uang segera membayar hutangnya. Selamat mencoba.