Tips Mengatasi Sakit Hati Menurut Para Ahli, Ayo Bangkit!

708
Tips Mengatasi Sakit Hati Menurut Para Ahli
Photo By: originalbotanica.com

Tips Mengatasi Sakit Hati Menurut Para Ahli, Ayo Bangkit! – Ketika kita mendengar sakit hati, seringkali terkait dengan hubungan romantis.

Tetapi, seperti yang diketahui oleh siapapun yang pernah kehilangan anggota keluarganya, sakit hati tidak selalu berkaitan dengan hubungan romantis. Kehilangan dalam bentuk apapun dapat menimbulkan banyak emosi yang sama dengan putus cinta.

Nah, berikut ini merupakan tips untuk mengatasi sakit hati menurut para ahli yang dikutip dari tempo.co, yaitu di antaranya:

Biarkan Diri  Anda Melalui Proses Berduka

Menurut Ahli terapis pernikahan dan keluarga, Shane Brikel,  Salah satu kesalahan terbesar yang sering dia lihat dari kliennya adalah menekan atau menghindari perasaan emosi yang sulit itu.

Kamu tidak perlu merasa malu karena merasa bersedih, marah, atau kesal. Kamu juga tidak perlu merasa harus menahan diri dan melupakannya.

Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Sangat penting untuk selalu bersikap pada diri sendiri ketika melewati masa sulit ini. Kamu harus memperlakukan dirimu seperti kamu menghibur temanmu yang sedang kehilangan. Lakukan self-talk untuk membantumu mengurangi perasaan sedih dan kesepian.

Bersandar Pada Sistem Pendukung

Baca Juga : Hati-Hati, Inilah Tanda Cintamu Hanya Dipermainkan

Saat merasa sakit hati akan kehilangan seseorang, kamu masih memiliki teman dan keluarga yang ada disampingmu untuk mendukungmu.

Sangat penting untuk bersandar pada orang-orang terdekatmu. Mereka tidak hanya akan membantumu untuk tidak mengisolasi diri sendiri.

Menumbuhkan Kebiasaan dan Rutinitas yang Sehat

Tentu saja akan sulit untuk mengurus hal-hal dasar saat kamu merasa sakit hati. tetapi inilah saatnya kebiasaan sehat itu benar-benar akan membuat perbedaan.

Dengan melakukan hal-hal kecil seperti berolahraga, merencanakan aktivitas yang kamu sukai, akan sedikit mengubah fokusmu dan sejenak melupakan rasa sakit hati itu.

Hindari Impulsif

Kehilangan dan rasa sakit hati biasanya menimbulkan keputusan impulsif dan beresiko. Terutama ketika harus kembali menghubungi mantan setelah putus. Pada akhirnya mungkin membuatmu ingin kembali pada mantan.

Tapi hal ini tidak boleh dilakukan. Jika menghadapi serangan impulsif, reaksi,atau dorongan, maka cobalah untuk menahannya selama 24 jam sebelum melakukannya.

Tuliskan

Menurut penelitian, orang yang baru bercerai dan menuliskan tentang perceraiannya mengalami lebih banyak manfaat kesehatan mental dari pada jenis tulisan lainnya. Menulis bisa menjadi salah satu ruang paling suci dan penyembuhan seseorang.

Memiliki ruang untuk menulis bebas akan memberikan wawasan tentang perpisahan. Kamu juga akan memahami perasaan saat ini, dan mengapa perpisahanmu begitu menyakitkan.

Beri Jeda Sebelum Kembali Berkencan

Hal ini tergantung pada jenis kehilangan yang kamu alami, berapa lama berada dalam hubungan itu, dan faktor lainnya.

Tetapi secara umum, para ahli menyarankan untuk memberi waktu sebelum kembali memulai hubungan.

Pertimbangkan untuk Berbicara dengan Profesional Kesehatan Mental

hal ini tidak kalah penting. Jika kamu benar-benar merasa sulit untuk mengatasi sakit hati, maka tidak ada salahnya untuk menemui terapis.

Terkadang, hal-hal ini terlalu berat untuk dihadapi tanpa bimbingan dan dukungan seseorang profesional.

 

 

Previous articleFakta Keluarga Desta Yang Hidup Rukun Walau Beda Agama
Next articleWah, Ternyata Beginilah Asal Usul Nama Cokelat Kit Kat