Tips Menghadapi Pacarmu yang Kecanduan Main Game

Dalam hubungan percintaan, perselisihan memanglah hal yang wajar. Namun, apabila perselisihan tersebut berlangsung lama dan sering terjadi dapat mengakibatkan hubungan tidak akan berumur panjang. Salah satu penyebabnya misalnya pasangan yang cuek, sibuk, hingga tidak acuh. Berkaitan dengan penyebab tersebut, ada salah satu penyebab yang saat ini ternyata dapat menjadi pemicu terjadinya pertengkaran dalam sebuah hubungan, yaitu pasangan yang kecanduan main game.

Mungkin pada awalnya kamu tidak keberatan dengan hobinya bermain game. Namun, lama kelamaan kamu pasti merasa jengkel ketika dia tidak dapat dihubungi ketika kamu membutuhkannya karena sedang bermain game. Hal tersebut bisa saja memicu pertengkaran yang sedikit demi sedikit membesar dan bisa mengancam hubunganmu. Maka dari itu, kamu perlu melakukan sesuatu untuk mempertahan kan hubungan mu. Berikut ini beberapa cara untuk menghadapi pacarmu yang kecanduan game agar hubungan mu kembali harmonis:

Sadarkan dan pahami dari hati ke hati

Sering ditemui ada pasangan yang sering melupakan pacarnya ketika sedang asyik bermain game. Hal tersebut terkadang memang tidak disadari oleh pasanganmu, lalu akan menyalahkan satu pihak. Padahal sebenarnya salah satu solusi dalam menghadapi pasangan yang kecanduan game adalah menyadarkannya dari hati ke hati. Kita tidak boleh terus terusan menyalahkan pasangan. Kita juga harus memahaminya. Ingatlah bahwa dari hati ke hati akan lebih berguna dari pada saling menyalahkan. Jika hal tersebut terus terjadi, pertikaian dan pertengkaran tidak dapat terhindari, dan membawa hubungan ke tidak harmonisan.

Sadari bahwa semua orang memiliki kesibukan dan kepentingan masing-masing

Hal yang kedua yang harus kamu lakukan untuk menghadapi pacarmu yang kecanduan game adalah dengan menanamkan dalam otakmu bahwa semua orang memiliki kesibukan dan kepentingan masing-masing, termasuk pasanganmu. Kamu tidak boleh mengekang dan tidak bisa memaksa pasanganmu untuk selalu berada di sampingmu. Dalam sebuah hubungan perlu ada kesadaran untuk saling menghargai kepentingan dan kesibukan masing-masing. Pasanganmu pun perlu dihargai, walaupun pasanganmu sering mengacuhkan mu sedang bermain game. Hal tersebut harus kamu hargai sebagai waktunya untuk menjalani hobinya. Sebab, dilain waktu dia pasti selalu berada untukmu. Sikap saling menghargai adalah kunci harmonisnya sebuah hubungan.

Jangan segan untuk membatasi namun dengan kadar yang wajar

Jika kamu merasa hubungan mengarah ke arah yang tidak baik saat pacarmu kecanduan game. Mulailah membatasinya dan berikan peringatan kepada pacarmu. Kamu harus bisa bertindak untuk menyelamatkan hubuganmu. Namun, ingatlah membatasi tersebut bukan berarti melarangnya. Ketika kamu melarangnya bermain game mungkin itu akan menyinggung perasanya dan dia akan merasa tidak dihargai dalam menjalani kehidupan pribadinya. Cobalah dengan membatasi waktu dengan mengurangi waktu bermain game. Ingatkan pula dia ketika waktunya telah habis dalam bermain game. Bagaimanapun juga, bermain game yang berlebihan memang tidak baik untuk kehidupannya.

Ajaklah pacarmu untuk melakukan hal-hal yang positif serta produktif

Hal yang bisa kamu lakukan ketika pacarmu kecanduan main game adalah dengan mengajak pacarmu untuk melakukan hal yang lain yang positif serta produktif. Game jika dimainkan dengan batas yang wajar tentu saja tidak jadi masalah. Lain halnya jika berlebihan, bukanlah hal yang positif yang didapat namun hal yang negatif yang diterima. Solusi berikutnya adalah dengan mengajaknya melakukan hal-hal yang lebih produktif dan positif. Misalnya saja berpetualang dan mengeksplorasi bakat dan kemampuan masing-masing. Hal semacam itu dapat menjadi pengalih yang ampuh terhadap kecanduan main game pacarmu serta hubungan kalian bisa lebih terjaga.

Bangun komunikasi dan komitmen yang baik

Langkah terakhir untuk menghadapi pacar yang kecanduan game adalah dengan membangun komunikasi dan menciptakan komitmen yang lebih baik. Caranya ajaklah pacarmu untuk sejenak melupakan game dan coba berdiskusi dengannya. Buatlah pacarmu untuk berani menyampaikan gagasannya dan bangun komunikasi yang bisa membuat hubungan kalian tidak berkurang intensitas saling membutuhkan satu sama lain.

Untuk menghadapi pacar yang kecanduan game, kamu tidak bisa serta merta melarangnya secara total, cara-cara di atas dapat kamu lakukan untuk membuatnya lebih untuk menjaga hubungan kalian.