Tips Mewujudkan Keluarga Harmonis Dalam Islam

Memang bukan perkara gampang untuk memelihara keluarga agar tetap rukun dan bahagia. Karena ujian kesabaran dan kesetiaan dalam rumah tangga pasti dialami setiap pasangan.

Menurut Islam, keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah itulah yang disebut keluarga yang harmonis. Atau dapat pula ditandai dengan penuh cinta kasih atau harapan, keluarga yang kasih sayang, dan damai tentram. Strategi menjaga ikatan keluarga dalam Islam telah ditunjukkan Nabi Muhammad SAW kepada kita. Beliau selalu mengingatkan keluarganya untuk tetap berada di jalan yang benar dan berbuat baik serta menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk mewujudkan keluarga harmonis menurut Islam berbagai langkah bisa anda lakukan, agar selalu memperoleh ridha Allah SWT. 

  1. 1 Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT


    Dalam setiap hal kecil yang hendak kita ambil dalam hidup jangan pernah melupakan Allah SWT. Untuk memelihara supaya keluarga kita selalu kuat dan harmonis mintalah pertolongan-Nya. Rumah tangga akan bahagia dan harmonis jika pasangan saling mencintai karena Allah. Sebab relasi yang baik dengan Allah akan berdampak pada hubungan dengan pasangan.

  2. 2 Saling Menjaga Ibadah


    Bila pasangan tidak menjaga ibadahnya dengan baik maka keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warohmah tidak akan bisa mewujudkan keluarga harmonis . Jika mereka taat berada di jalan Allah SWT, pasangan suami istri bisa menggapai kebahagiaan dan saling mengingatkan dalam hal beribadah ditambah lagi dengan saling mengingatkan kewajiban pada Allah SWT.

  3. 3 Saling Mencurahkan Perhatian


    Rumah tangga semakin harmonis dan bahagia bila terdapat suami istri yang saling perhatian. Meskipun secuil perhatian tetap saja bisa membuat pasangan senang.

  4. 4 Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga


    Hal penting dalam menjaga ikatan keluarga yakni menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga. Banyak kegiatan yang bisa anda lakukan contohnya saling bercerita, rekreasi bersama, dan melakukan aktivitas lain yang dapat memupuk cinta di tengah keluarga. Sehingga dapat mewujudkan keluarga harmonis.