Trik cerdas mudik bareng balita dengan mengunakan pesawat

151

Pekan ini jagad instagram ramai dengan pemberitaan mengenai postingan seorang gadis muda bernama Angela Gilsha yang mengutarakan pendapatnya mengenai suara tangisan bayi yang berada dalam satu pesawat dengannya. Ungahan yang berisi kalimat ‘Gue lebih setuju bolehin hewan peliharaan masuk pesawat dibanding bayi’ meski telah dihapus dan ia telah membuat pernyataan maaf atas kata – kata tersebut namun ucapannya telah menuai kritik tajam dari berbagai pihak.

Beberapa selebriti pun ikut serta angkat bicara dalam hal ini, diantarannya Ringo Agus Rahman, Babe Cabita, dan Nikita Mirzani para selebriti yang notabene memiliki anak balita ini menilai unggahan gadis  tersebut cukup kasar dan menilai tak memahami bagaimana repotnya para orang tua  membawa buah hatinnya dan menjaga agar mereka tetap tenang dan bahagia dalam perjalanan.

Nah, berikut trik – trik jitu yang dapat dipraktekan dalam berpergian bersama balita dengan mengunakan pesawat agar tetap tenang dan tidak menganggu kenyamanan penumpang lainnya :

1. Sebelum membeli tiket pesawat, usahakan memilih penerbangan saat jam tidur bayi.

Bayi berusia kurang dari lima tahun biasannya memiliki jam tidur yang teratur setiap harinnya. Jika anda hendak melakukan penerbangan di siang hari pastikan mengatur jadwal terbang anda mengikuti jam tidur bayi yaitu antara pukul 12.00 sampai dengan pukul 14.00 atau pada pukul 15.00 sampai dengan 17.00. Dan untuk penerbangan lebih dari 3 jam disarankan untuk memilih penerbangan di malam hari, mulai dari pukul 20.00 dikarenakan jam tidur bayi lebih lama di malam hari. Siapkan pula selimut,bantal, boneka kesayangan serta dot/botol susu agar bayi anda dapat tidur dengan nyaman seperti di kamar sendiri.

2. Siapkan buku cerita bergambar favorit bayi anda.

Winnie The Pooh, Petualangan Dinosaurus ataupun dongeng si kucing kecil rasannya akan asyik sekali jika menemani perjalanan pertama bayi anda dalam pesawat. Jika anda terbiasa mendongeng dengan atraktif untuk kali ini anda bisa mendogeng dengan sedikit lebih lembut dibarengi candaan kecil agar fokus bayi anda tetap terjaga. Pastikan pula anda membawa lebih dari satu buku cerita karena buku untuk balita biasannya  hanya terdiri dari 5 sampai 10 lembar halaman saja. Sehingga jika anda membawa lebih dari satu maka waktu dalam pesawat akan terbuang baik dan bayi anda akan memiliki perjalanan menyenangkan di dalam pesawat.

3. Mainan adalah segalanya untuk bayi.

Bayi cenderung memiliki kebosanan terhadap satu aktifitas yang sama. Jika setelah dibacakan dongeng ia mulai bosan, pastikan anda membawa ‘senjata’ rahasia. Pilih mainan yang  ringan, mudah dibawa, tidak berisik, tidak menimbulkan bau dan menyebabkan kotoran. Bola karet, boneka tangan, mobil – mobilan mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk menemani perjalanannya. Bayi terbiasa mengigit atau memukul – mukul khan mainan mereka ke dinding atau orang lain, jika mainan tersebut terbuat dari karet ataupun plastik tentu tidak akan membahayakan dirinnya maupun penumpang lainnya.

4. Snack pembawa kebahagiaan bayi.

Tak jauh berbeda dengan orang dewasa, jika perut bayi kosong mereka akan merasa gelisah dan tidak nyaman. Membawa makan pendamping seperti bubur atau pun pur buah rasannya kurang tepat saat berpergian dengan sikecil. Selain kewajiban membawa susu bagi sikecil camilan ringan seperti snack, roti kering atau pun potongan buah menjadi pilihan tepat dalam perjalanan. Selain praktis camilan ini dapat membatu si kecil tetap beraktivitas sehingga tidak merasa lapar dan bosan dalam perjalanan di pesawat.

5. Outfit on The Plane, tetap nyaman dan keren dalam pesawat.

Siapa bilang OOTD cuman untuk orang dewasa, bayi boleh juga dong. Tapi bedannya selain terlihat keren saat foto bareng orang tuannya, baju bayi harus terasa nyaman. Dikarenakan suhu udah di pesawat berada pada kisaran 16’c sebaikknya bayi mengunakan baju berbahan kaos yang lembut, tidak berbahan tipis, menyerap keringat dan tidak ketat. Jika bayi mengunakan baju yang yang hangat, hal ini secara langsung akan mengurangi kegelisahan dan ketidaknyamanan.

Nah…begitulah trik – trik yang patut dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan dengan balita mengunakan pesawat terbang. Namun penting pula bagi para orang tua untuk tetap tenang, dan tidak mudah panik dalam menghadapi situasi dalam pesawat bersama sikecil. Dikarenakan jika orang tua dapat menciptakan suasana yang nyaman, ceria dan menyenangkan maka bayi anda pun akan tetap tenang selama perjalanan. Selamat berlibur.

 

 

 

 

 

[zombify_post]

Previous articleTrailer Frozen 2, Plot, Tanggal Rilis, Pemeran, dan Semua yang perlu Anda ketahui
Next article5 Tips Penting Saat Menulis Surat Evaluasi Kinerja