Trik Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas, Agar Tak Tersesat

Ketika kamu berada di tempat yang belum kamu kenal, mungkin kamu akan dibuat bingung karena selalu ditunjukkan arah dengan memakai mata angin. Belum lagi, jika kamu berada di Jawa, kebanyakan penduduknya menyebutkan arah mata angin dengan sebutan bahasa Jawa, seperti wetan, kulon, lor dan kidul. Ini malah akan membuatmu tambah pusing. Apalagi jika kamu ngertinya cuman kanan kiri doang dan kurang paham mana barat, timur, utara dan selatan.

Apabila kamu tidak berpegang pada kompas, sebenarnya kamu masih dapat menentukan arah mata angin lo. Ada beberapa trik yang dapat kamu lakukan dan kamu manfaatkan untuk mengetahui arah mata angin di suatu lokasi yang asing. Nah, berikut beberapa trik jitu tersebut.

Memperhatikan Arah Matahari Terbit Dan Terbenam

Cara pertama ini dapat digunakan untuk menentukan arah mata angin dengan sangat mudah. Karena matahari terbit di sebelah timur otomatis sisi kanan kamu merupakan arah selatan, sementara sisi kirimu adalah arah utara. Tapi apabila kamu berdiri menghadap kea rah matahari terbenam, maka arah utara akan berada pada sisi kananmu dan arah selatan berada pada sisi kirimu. Cukup mudah bukan?

Melihat Posisi Kuburan Umat Muslim

Pada makam umat muslim pada umumnya bagian nisan akan menghadap ke barat. Nah, dengan begitu jika kamu berada di suatu tempat dan menemukan makan tersebut, kamu tinggal menjadikan patokan untuk menentukan arah lainnya. Jika masih bingung, ingat-ingat lagi acuan berdasarkan terbit dan tenggelamnya matahari. Tidak hanya makam saja yang dapat dijadikan patokan, pasalnya masjid juga bisa menentukan arah mata angin disebabkan kiblatnya sama-sama menghadap ke barat.

Gunakan Jam Tangan Analog Ketika Bepergian

Jam tangan analog umumnya dapat menentukan arah mata angin saat kamu bepergian usahakan untuk memakai jam tangan analog agar mudah dalam menentukan arah mata angin yang umumnya kurang kamu ketahui.

Ketika Di Hutan Perhatikan Suhu Batang Pohon, Kelebatan Hutan Dan Pertumbuhan Lumut

Saat kamu berada di alam bebas, seperti hutan maka ketika kamu ingin mengetahui arah mata angina lihatlah kondisi pohon besar. Jika salah satu sisinya terasa hangat mestinya itu menunjukkan arah barat karena terkena pancaran sinar matahari. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan lumut pada batang pohon. Jika lumut tumbuh subur dan banyak pada salah satu sisi pohon, maka itu mengaraah pada arah barat.

Amati Bayangan Benda Ketika Siang Hari

Trik berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui arah mata angin yakni dengan memperhatikan bayangan suatu benda. Menjelang sore hari bayangan akan lebih condong ke barat, sedangkan pada siang hari bayangan benda lebih condong ke arah timur.

Gunakan Jarum Sebagai Kompas Sederhana

Teknik yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan prinsip dasar modern dengan memanfaatkan gaya magnet dan juga air. Ketika jarum digesekkan ke permukaan yang kering, akan terbentuk arus magnetic dan jika diletakkan di atas permukaan air akan mengarah ke utara dan selatan.

Amati Rasi Bintang Pari Atau Crux

Rasi bintang juga dapat membantumu untuk menentukan arah mata angin lo. Coba amati langit, dan cari bentuk yang mirip salib atau layang-layang yang posisinya sedikit miring. Nah, itulah yang disebut sebagai rasi bintang crux atau rasi bintang pari.

Jika memang cara-cara di atas masih terlalu sulit untuk membantumu dalam menentukan arah mata angin, maka kamu dapat mencoba dengan memakai aplikasi online. Namun, setidaknya kamu harus mempelajari cara-cara tersebut agar ketika di tempat asing tidak buta arah ya.