Tryout CPNS Ala Giveaway? Hati-Hati!

61

Warganet tengah dihebohkan oleh diadakannya Simulasi/Tryout CPNS 2019 online secara gratis. Viralnya diadakan tryout online tersebut membuat Badan Kepegawaian Negara (BKN) angkat suara dan meberi peringatab,

Hal ini bermula dari akun media sosial (instagram) yang berembel-embel CPNS mengadakan tryout CPNS 2019 secara online. Dalam postingannya yang diunggah senin (24/6/2019), akun itu menyebut tryout online CPNS 2019 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada sabtu (29/6/2019) pukul 19.00 WIB melalui ponsel selular masing-masing.

Nmaun, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti tryout tersebut. Diantaranya seperti diharuskan follow akun instagram yang berkaitan, menandai/men-tag teman di kolom komentar, mengunggah postingan akun tersebut di instagram story masing-masing peserta tryout, hingga mengunggah 3 persyaratan lainnya di sebuah website.

Setelah itu, peserta akan mendapatkan sebuah ‘kode’ berdasarkan data dari Google Form yang telah diisi. Namun anehnya, disitus tersebut dinyatakan bahwa jika tidak menggunakan kode yang telah tertera, hasil soal tryout CPNS 2019 tidak akan dikoreksi.

Postingan tersebut viral di media sosial, ditambah setelah seorang netter mengungkap adanya kejanggalan pada tryout CPNS 2019 online yang diadakan oleh akun tersebut. 

Melalui akun twitter,  sebuah akun bernama @iRudisca menulis sebuah utas mengenai pengalamannya mencoba mengikuti tryout tersebut yang juga viral. Akun itu menyebutkan sebuah akun instagram yang semula hanya berbagi screenshot berita tentang CPNS dari media, mendadak akan menggelar tryou nasional ala giveaway.

Akun @iRudisca menjajal mendaftar untuk mengikuti tryout CPNS 2019 tersebut dengan meng-klik sebuah situs yang disertakan. Akun tersebut juga menyertakan bukti penyalahgunaan data yang menggunakan data pribadi.

Selain itu, akun @iRudisca juga mempertanyakan terkait server yang digunakan akun instagram untuk menggelar tryout nasional yang diadakan serempak dalam satu waktu.

“Sekaya apa mereka bisa sewa server untuk menampung ratusan ribu orang pendaftar?” Tanyanya. Ia pun menyamakan dengan server yang kerap kali down untuk pendaftaran SNMPTN/SBMPTN/PPDB karena banyaknya pengguna yang mengakses.

Tak berhenti sampai disitu, akun lainnya @MeganWulan99 juga menambahkan informasi, bahwa kode yang ia dapat sama dengan kode yang didapat oleh orang lain.

Bahkan ada akun lain @Hidayataryy yang mencoba mendaftar dengan akun abal-abal, dan akhirnya ia mendapatkan kode yang sama dengan orang lain.

Lewat akun twitter resminya, BKN mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dengan pihak yang mengaku-ngaku mengetahui mengenai CPNS 2019. Sebab, bila memang diadakan CAT, BKN akan mengumumkannya lewat situs resmi dan media sosialnya secara langsung.

[zombify_post]

Previous articleLima Kata Unik dalam Dunia Kpop yang Orang Awam Gak Bakalan Paham!
Next articleMie di Jepang yang Harus Kamu Coba Selain Ramen.