Viral! Pohon Kelapa Bercabang 9 Di Klaten Ini Mau Ditukar Mobil

Sebuah pohon kelapa yang berada di Dusun Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah memiliki keunikan tersendiri. Bagaimana tidak, pohon kelapa itu berbeda dengan kebanyakan pohon kelapa lainnya, yakni mempunyai sembilan cabang dan berhasil tumbuh dengan sangat baik.

“Kalau saya tidak salah, cabang pohon Kelapa ini totalnya ada sembilan. Yang menanam dulunya bapak, katanya benih dikasih dari pemilik,” ucap pemilik pohon kelapa yang ber-cabang sembilan tersebut, Muhaji Wirana yang saat ini berusia 40 tahun.

Berdasarkan gambar yang banyak beredar di sosial media dan beberapa media online, pohon kelapa bercabang sembilan ini berada di tepi jalan raya. Akan tetapi, jika diperhatikan lebih seksama, jumlah cabangnya yang katanya mencapai sembilan itu sama sekali tak terlihat.

Adapun tinggi pohon kelapa unik ini diperkirakan mencapai sekitar 15 meter dengan batang yang sedikit agak miring ke jalan. Pohon kelapa bercabang sembilan ini di tengahnya bercabang dua yang menjorok ke kanan maupun ke kiri.

Jika dilihat dari arah selatan, cabang pohon kelapa yang menjorok ke kanan juga memiliki cabang dua. Sementara cabang yang menjorok ke kiri memiliki cabang sebanyak tiga dan dari tiga cabang tersebut salah satunya bercabang lagi.

Muhaji sendiri mengatakan bahwa benih dari pohon kelapa bercabang sembilan tersebut dibawa langsung oleh ayahnya, Trigono dari daerah Sidowayah, Klaten Tengah. Dan semasa dirinya masih kanak-kanak, sebenarnya pohon kelapa tersebut tumbuh normal sebagaimana pohon kelapa lainnya.

“Pohon kelapa itu sebenarnya tumbuhnya normal. Dulu di sekelilingnya ada banyak pohon jadi mungkin itu juga sampai tidak diketahui kapan sebenarnya dia mulai bercabang-cabang, tapi perkiraan saya sih sudah sekitar 20 tahun lalu,” Muhaji menambahkan.

Meski pun pohon kelapa kepunyaannya bercabang, menurut Muhaji, pohon kelapanya tersebut berbuah normal seperti pohon kelapa kebanyakan. Pernah satu ketika, buahnya dipetik semua, dan totalnya mencapai 30 butir kelapa.

“Dulu kami coba sengaja habiskan, ternyata bisa sampai 30-an kelapa diatas. Kalau mengenai rasa sih tidak jauh berbeda dengan buah kelapa pada umumnya, bentuknya juga sama dengan satu jenjang bisa dihuni 6 sampai 7 buah,” jelas Muhaji.

Pohon kelapa tersebut kata Muhaji, sekarang jadi tontonan warga yang lewat di depan rumahnya. Karena memang sebelumnya cabang-cabangnya itu tidak terlihat akibat terhalang pohon lain.

“Dulunya ada pohon yang menghalangi, makanya jadi tidak terlihat jumlah cabangnya itu dari jalan. Tapi kalau sekarang terlihat jelas dan sering sekali orang yang lewat berhenti untuk sekadar mengambil gambarnya atau melihat-lihat keunikannya,” papar Muhaji.

Karena dianggap unik, kata Muhaji, banyak orang yang kemudian coba meminta buahnya, katanya sih mau dipakai untuk bibit, tapi ada juga yang mengaku ingin menggunakannya sebagai obat.

“Kadang buahnya diminta untuk dijadikan bibit, tapi ada juga yang mau pakai untuk dijadikan obat. Namun sampai sekarang belum pernah ada yang melapor apakah tumbuhnya bercabang atau yang sakit sudah sembuh,” ungkap Muhaji.

Menurut Muhaji sendiri, pohon kelapa bercabang sembilan ini menjadi kesayangan keluarganya. Katanya, pernah ada orang yang berniat mau membelinya atau sekadar menukarnya dengan mobil. Tapi tawaran itu ditolak Muhaji.

“Pernah ada yang mau sampai ditukar mobil, tapi tidak kita kasih. Biar untuk tontonan saja,” Muhaji menegaskan.

Seorang warga yang kebetulan melintas dan bernama Suparman, warga Gondang, Kebonarum megaku berhenti karena tertarik melihat pohon kelapa milik Muhaji itu

“Ini pohon kelapa cabangnya sampai ada sembilan. Padahal setahu saya, umumnya pohon kelapa itu kan ber-batang tunggal,” kata Suparman.