Viral! Teks Pidato Nadiem Makarim Tuai Pujian Netizen

62

Sosok menteri termuda kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim, kembali jadi sorotan netizen. Setelah mencuri perhatian ketika rapat kerja bersama DPR, kali ini mantan CEO Gojek tersebut lagi-lagi membuat publik semakin optimis dengan reformasi pendidikan yang sudah didamba-dambakan sejak dulu. Adalah teks pidato “mas menteri” yang sejatinya akan disampaikan pada saat peringatan hari guru 25 November mendatang tersebar di jagat maya.

Teks pidato tersebut sama sekali tidak panjang untuk ukuran sambutan seorang menteri dalam upacara resmi. Hanya terdiri dari 2 halaman, singkat, padat, jelas, dan sangat menyentuh. Setidaknya seperti itulah tanggapan kebanyakan netizen.Apa yang hendak disampaikan Nadiem seakan menyentuh inti permasalahan pendidikan Indonesia selama ini. “Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit. Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan” begitulah salah satu kalimat pembuka dalam sambutan mendikbud.
Saat ini pendidikan Indonesia dianggap terlalu banyak aturan dan regulasi sehingga guru-guru sering disibukkan oleh urusan-urusan administratif dari pada memastikan proses belajar mengajar berlangsung dengan baik. Para guru diberikan pakem baku dalam mengajar, padahal mereka memiliki karakteristik yang berbeda, pun jua dengan para siswa. Sejatinya aturan dibuat untuk mendukung efektivitas suatu program, bukan malah menghambat dan jadi penghalang tujuan utama.
Nadiem juga menyampaikan suatu fakta yang sangat relevan terkait ekspektasi masyarakat terhadap reformasi pendidikan di Indonesia. “perubahan tidak dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.”
Nadiem Makariem hanyalah pembuat regulasi dan perumus konsep besar pendidikan. Namun bukan dia yang mengeksekusi kerja besar pendidikan. Guru menjadi barisan terdepan dan paling penting dalam misi mulia ini. Melalui sambutan itu, Nadiem menyiratkan bahwa ia percaya pada kualitas guru-guru di Indonesia. Oleh sebab itu ia mempersilahkan para guru untuk memulai langka pertama demi pendidikan Indonesia yang lebih baik.
Setidaknya ada 5 pesan mendikbud kepada para guru di Indonesia:

  1. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar
  2. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas
  3. Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas
  4. Temukan satu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri
  5. Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan

Selamat hari guru untuk para pahlawan tanpa tanda jasa di seluruh Indonesia!

[zombify_post]

Previous articleMengenal Lebih Dekat Putri Tanjung, Staf Khusus Presiden Termuda
Next article3 Hal yang Mungkin Tidak Pernah Dilakukan Putri Tanjung, Anak Kos Can Relate