Wajib Baca, 5 Trik Sederhana Untuk Membaca Susasana Hati Orang Disekitar

80

Terkadang, dalam kehidupan kita sehari-hari kita sering berfikir bagaimana caranya membaca isi kepala seseorang. Mungkin terdengar sedikit mustahil dan kekanak-kanakan jika kita berharap memiliki kemampuan untuk membaca pikiran orang lain. 

Namun, hal ini bisa dilakukan dengan sedikit trik psikologi. Salah satunya dengan membaca suasana hati seseorang. Dengan dapat membaca suasana hati seseorang, kita dapat menempatkan diri pada suasana yang tepat serta lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari ornag lain.

Berikut ini, penulis akan memberikan 5 trik untuk membaca suasana hati seseorang yang bisa kamu latih dimanapun.

1. Lebih sering berkomunikasi 

Agar mahir dalam suatu hal, kamu pastinya memerlukan latihan yang rutin. Hal ini juga berlaku disaat kamu ingin berhasil dalam membaca suasana hati seseorang. Dan untuk dapat melatih kemampuan ini, kamu perlu bertemu banyak orang dan berkomunikasi sesering mungkin.

Karena ada banyak jenis orang didunia ini dengan beraneka ragam perilaku, tentunya kamu tidak bisa hanya menggunakan satu atau dua orang saja sebagai sample.

Semakin sering kamu bertemu orang baru, semakin sering pula kamu berkomunikasi, dan semakin mahirlah kamu dalam membaca situasi serta suasana hati seseorang.

2. Memahami ekspresi wajah dan artinya

Setelah berkenalan dan berkomunikasi dengan orang baru, otomatis kamu dapat mengenali karakter luar dari orang tersebut. Maka langkah berikutnya adalah dengan memahami ekspresi wajah seseorang. Dan akan lebih baik jika kamu bisa mengerti micro-ekspresi tiap orang.

Mikro-ekspresi merupakan bahasa tubuh yang cenderung dilakukan tiap orang disaat mereka merasakan atau ingin mengungkapkan sesuatu. 

Karena pada dasarnya, semua manusia dapat menyembunyikan apa yang ia rasakan dengan berbohong. Namun dengan mikro-ekspresi mauupun bahasa tubuh, kita akan lebih mudah membaca suasana hati seseorang.

Misalnya disaat kita tersenyum kepada seseorang, kita bisa melakukan 2 senyum yaitu senyum yang tulus atau berpura-pura. Dan cara untuk membedakan senyum yang tulus dengan tidak adalah dengan melihat mikro ekspresi.

Jika senyum dilakukan dengan tulus, maka akan terlihat sedikit kerutan di bagian ujung terluar mata. Hal ini terjadi karena adanya peregangan otot sekitar area mata disaat seseorang tersenyum karena senang. Dan jika tidak ada, biasanya adalah senyum yang dipalsukan.

3. Selalu mengamati orang sejak awal bertemu

Disaat bertemu orang baru, tidak ada salahnya untuk melakukan observasi awal. Misalnya menebak suasana hatinya berdasarkan gesture dan ekspresinya. 

Jika kamu adalah tippe orang yang peka dengan sekitar, mungkin akan lebih mudah bagimu untuk membedakan suasana hatinya. Apakah mereka sedang merasa marah, sedih, bahagia, dan lain sebagainya.

Dan kamu bisa mencoba mengkonfirmasi hasil tebakanmu pada mereka dengan cara menanyakan hal tersebut setelah kalian mengobrol. Jangan memberikan pertanyaan yang to the point, tapi coba gali secara perlahan.

4. Melakukan analisa sebelum berbicara

Tidak selamanya kamu akan berhasil membaca suasana hati seseorang dengan tepat. Pasalnya ada juga orang yang mahir dalam menyembunyikan emosi yang dirasakannya. Dan untuk mengatasi hal ini, satu-satunya jalan adalah dengan berlatih menganalisa.

Analisa ini diperlukan untuk mengkategorikan tipe-tipe orang yang sudah kamu temui dan karakternya. 

5. Pertajam seluruh indramu

Intinya, jika kamu memang ingin bisa membaca suasana hati seseorang, kamu harus melatih dan mempertajam seluruh indramu. Terutama indera penglihatan dan pendengaran. 

Itulah trik membaca suasana hati orang. Kamu yang pengen tahu suasana hatinya doi, boleh banget nih dicoba!

[zombify_post]

Previous articleMari Berandai-andai, Jika Prostitusi Dilegalkan Di Indonesia, Kira-Kira Begini Yang Terjadi
Next articleNostalgia Era 90-an: 5 Hal yang Membuat Anak SD Dapat Julukan Cupu