Wajib Kamu Tahu! 6 Kebiasaan Simpel yang Membuatmu Menjalani Hidup Lebih Bahagia

Setiap harinya, sebagai manusia kita tentu melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas yang sudah menjadi rutinitas harian kita. Rutinitas ini terkadang tidak selalu memberikan dampak positif bagi kesehatan dan bahkan dapat menimbulkan perasaan negatif bagi kehidupan kita.

Dari sekian banyak kebiasaan yang mampu memberikan dampak negatif, ada beberapa hal sederhana yang jika dilakukan dapat membuat hidup menjadi lebih berwarna dan tentunya menjadi lebih bahagia.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan simpel yang dapat membuat hidupmu lebih bahagia.

1. Travelling atau berwisata

Traveling With Kratom: Is It Legal and How to Do It - Speciosa Guide

Travelling atau berwisata merupakan salah satu hal yang bisa membuat kamu menjadi jauh lebih rileks dalam menjalani kehidupan. Tentunya kamu pernah mendengar istilah “kurang piknik” istilah ini sebetulnya ada benarnya. 

Karena jika seseorang kurang piknik atau berwisata, dapat mempengaruhi performa dan kinerja selama bekerja. Dengan melakukan kegiatan wisata atau sekedar jalan-jalan, kamu bisa melepaskan stress dan penat selama beraktivitas. 

Tidak perlu melakukan kegiatan wisata yang mahal. Cukup dengan kegiatan wisata simple seperti berjalan-jalan di taman kota, ke pantai terdekat, atau sekedar menikmati indahnya alam sekitar.

Selain dapat melepas penat dan stress, dengan berjalan-jalan ke lingkungan yang memiliki pepohonan dapat membuat kamu menikmati suasana asri dan menghirup udara segar yang dapat menyehatkan tubuh kamu.

2. Mengasah kreativitas

Tak Perlu Banyak Hal untuk Jadi Kreatif, Cukup Lakukan Ini

Mungkin hal ini terdengar sangat sepele. Namun faktanya melakukan aktivitas yang mengasah kreativitas dapat membantu mengurangi stress. Tidak perlu membuat sesuatu yang rumit, cukup dengan hal-hal simple yang menyenangkan kamu. Seperti bermain game strategi, menggambar, atau bahkan hanya menonton film sudah dapat membantu otakmu untuk mengasah kreativitas.

Dengan melakukan hal-hal seperti ini yang dapat mengasah kreativitas, kamu dapat membantu otakmu untuk sedikit rileks setelah beraktivitas.

3. Membersihkan rumah

Cara Membersihkan Rumah Kurang dari 1 Jam, Kinclong Banget ...

Berikutnya ada kegiatan yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Khususnya kamu laki-laki. Nyatanya, membersihkan rumah tidak hanya membuat tubuh lelah. Dengan membersihkan rumah kamu sebenarnya sudah melakukan sebuah proses terapi untuk menyebuhkan ketegangan di otakmu dan menyehatkan mental. 

Karena jika kondisi kamu pulang dari bekerja atau kuliah, dan kondisi kamar sedang berantakan, tentunya akan membuat stress. Maka dari itu, luangkan waktu setiddaknya 15 menit sehari untuk membersihkan rumah atau kamar kamu.

4. Menulis di buku harian

Pentingnya Menulis Diary Kehamilan Buat Ibu Hamil - Ibupedia

Mungkin sewaktu kecil, banyak dari kita yang pernah melakukan hal ini. Namun setelah beranjak dewasa, kita mulai enggan melakukan hal ini karena merasa hal ini terlalu kekanak-kanakan.

Sesungguhnya, menulis merupakan salah satu kegiatan yang dapat membantu terapi jiwa. Apalagi jika yang kamu tuliskan merupakan emosi yang sudah terpendam semenjak lama. 

Dengan menuangkan emosi di tulisan, secara tidak sadar kamu sudah mengurangi beban yang ada di benak kamu. Dan tentunya ini merupakan salah satu hal yang dapat membantu kesehatan mental dan menambah daya ingat kamu

5. Meyisihkan waktu 10 menit untuk introspeksi diri setiap harinya

6 Kebiasaan Simpel yang Mengubah Hidupmu Lebih Sehat & Bahagia, Catat!

Kebiasaan berikutnya juga berhubungan dengan kesehatan mental. Dengan melakukan introspeksi selama 10-15 menit sehari sebelum tidur, tentunya dapat membuat kesehatan mental menjadi lebih stabil dan dapat membantu menciptakan perasaan lega.

Kebiasaan merenung atau introspkesi ini jika rutin dilakukan tentunya akan memberikan dampak positif di kemudian hari. Kamu bisa dengan merunutkan apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini, apa yang belum, dan apa yang menjadi rencana kamu di esok hari.

Namun, jangan sampai kamu menghakimi dan mengkritisi diri secara berlebihan saat introspeksi. Karena hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan mentalmu.

6. Berolahraga selama 10 sampai 15 menit setiap hari

Ingin lari lebih kencang? Jangan lupakan 5 tips ini | merdeka.com

Berolahraga tidak perlu harus dipaksakan dan dilakukan dalam waktu yang lama. Cukup dengan melakukan hal simple setiap harinya seperi berjalan kaki menaiki tanga, membersihkan rumah, atau sekedar workout ringan. 

Hal ini akan memberikan dampak yang besar bagi kehidupanmu. Mulai dari mengurangi stress, menjaga kebugaran tubuh, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membuatmu lebih bahagia dan tentunya lebih sehat.