Windows 11 Segera Dirilis 24 Juni, inilah Bocoran Tampilan Barunya

165
Bocoran Tampilan Baru Windows 11
Photo By: mediaformasi.com

Kehadiran generasi penerus sistem operasi dari Windows 10, yaitu Windows 11 sudah di depan mata.

Belakangan ini, bocoran tampilan antar muka dari OS berkode nama “Sun Valley” itu mulai bertebaran di Internet.

Berdasarkan deretan gambar yang berasal di situs web asal China, Baidu, ikon taskbar di Windows 11 tampak disusun tepat di tengah desktop, tidak sama pada windows 10 yang rata di kiri. 

Dilansir dari Kompas.com, Desain ini disebut mirip seperti tampilan taskbar pada proyek Windows 10X.

Sistem operasi yang khusus perangkat tablet dan laptop layar ganda yang batal meluncur. Selain taskbar, menu Start pada Windows 11 juga lebih segar dan menarik dibandingkan Windows 10.

Hal ini karena, menus Start Windows 11 tidak menampilkan deretan menu atau aplikasi yang terpasang di komputer.

Bocoran Tampilan Baru
Photo By: Kompas.com

Tampilan Windows 11

Sebagai gantinya, menu Startnya kini menampilkan beragam informasi penting. Misalnya saja cuaca, berita, kurs mata uang, dan lain sebagainya dalam bentuk cards atau Live Tiles. Tersemat pula informasi waktu tepat di bagian tengah atas menu Start.

Bocoran Tampilan Baru Windows 11
Photo By: Kompas.com

Jendela Context menu (klik kanan), aplikasi, dan File Explorer pada Windows 11 juga akan tampil beda sebab mengusung desain membulat (rounded) di keempat ujungnya.

Baca juga : Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasi Laptop Lemot Jadi Lebih Cepat

Salin itu, ada juga fitur manajemen jendela aplikasi yang tampak diselamatkan di tombol ‘Maximize’ di tiap jendela.

Fitur ini memungkinkan sebuah jendela aplikasi dapat diatur sedemikian rupa agar posisinya dapat bersebelahan dengan jendela aplikasi lainnya. Sehingga, dapat mempermudah kegiatan multi tasking.

Bocoran Tampilan Baru Windows 11
Photo By: Kompas.com

Bocoran gambar tampilan baru desktop Windows 11 yang bertebaran di internet ini masih belum diketahui keakuratannya.

Pihak Microsoft sendiri masih belum mengumumkan desain penerus windows 10 tersebut ke publik.

Namun, jika memang bocoran tersebut benar, maka tampilan ini mungkin akan berbeda dengan Windows 11 yang nantinya akan dirilis ke pengguna umum.

Gambar-gambaran bocoran antar muka yang beredar ini diduga berasal dari Windows 11 edisi “Pro” dengan build 21996.1 versi pengembang. Desain dan fitur-fiturnya bisa saja banyak yang perlu diperbaiki atau diubah.

Sinyal Kehadiran Windows 11

Bocoran Tampilan Baru Windows 11
Photo By: Kompas.com

Walaupun belum diumumkan secara resmi, Microsoft telah memberikan tanda-tanda kehadiran Windows 11 dalam beberapa kesempatan berbeda.

Salah satunya adalah merilis sebuah wallpaper ang membentuk angka 11 pada awal bulan Juni yang lalu.

Selain itu, belum lama ini Microsoft bahkan mengungkah video berdurasi 11 menit yang berjudul Windows 11 Startup Sounds- slo-fi Remix di kanal Youtube resminya.

Video ini berisi kompilasi suara startup tiga sistem operasi lama Microsoft. yaitu Windows 95, XP, serta Windows 7 yang diperlambat hingga 4000 persen, selain rentetan wallpaper ikonik di ketiga sistem operasi lawas tersebut.

Dalam keterangan yang ditulis Microsoft, kompilasi suara itu dapat membantu pengguna rileks semberi menanti acara “Microsoft Event” yang akan diselenggarakan pada 24 Juni mendatang, pukul 11. a.m EST atau sekitar pukul 22.00 WIB. Apakah Windows 11 ini akan dirilis pada tanggal tersebut? Kita Nantikan.