Wow! Tukang Cebok Raja Inggris Jadi Pekerjaan Terhormat

21
Wow! Tukang Cebok Raja Inggris Jadi Pekerjaan Terhormat
Sumber : Ist

Wow! Tukang Cebok Raja Inggris Jadi Pekerjaan Terhormat Berbicara terkait sejarah mungkin tak akan ada habisnya.

Karena banyak hal menarik yang terjadi di masa lampau untuk dikenang saat ini. Salah satunya mengenai berbagai profesi unik yang sempat terjadi di masa lampau.

Pergi pekerjaan berikut ini yang dinilai paling menjijikkan namun malah membuat orang yang melakukannya menjadi sosok terhormat. Tak lain adalah sebuah profesi ‘Groom of the Stool’.

Ternyata profesi tersebut tak lain dan tak bukan adalah profesi sebagai seorang tukang cebok raja setelah buang hajat.

Nantinya raja akan buang hajat di sebuah tempat berbentuk kubus lalu orang yang bekerja di profesi tersebut akan membawanya kemana pun saat dirinya mengikuti sang raja pergi.

Mendengar hal tersebut mungkin tak kan ada yang membayangkan ada profesi aneh seperti itu. Namun sejatinya hal ini benar-benar terjadi di masa lampau tepatnya di kerajaan Inggris.

Wow! Tukang Cebok Raja Inggris Jadi Pekerjaan Terhormat
Sumber : Ist

Sebenarnya hal ini pertama kali diadakan sejak pemerintahan Pangeran Henry VIII. Tugas utamanya adalah dengan memastikan adanya bangku atau kubus untuk buang air besar tersebut. Selain itu ia juga memastikan adanya handuk, wastafel sekaligus air di kubus tersebut.

Karena pada zaman itu keterbukaan antara pengawal dan raja termasuk hal yang biasa. Namun ada juga yang berkata bahwa sebenarnya tugas dari Groom of the Stool juga termasuk untuk membersihkan bagian tertentu dari tubuh pemimpin tersebut.

Walau terdengar menjijikkan namun masyarakat saling mempercayai jika orang yang melakoni pekerjaan tersebut memiliki kasta tertinggi. Selain itu dirinya juga dipandang terhormat karena bisa berdekatan dengan raja.

Bahkan mereka bisa bersosialisasi secara pribadi dengan raja karena memiliki akses pribadi ke kamar sang raja.

Sebenarnya tugas sebagai seorang tukang cebok ini telah bertambah ke sejumlah pelayanan lainnya sejak Raja Henry VIII naik tahta.

Tugas tambahan lain yang juga mereka miliki adalah memperhatikan pola makan sang raja untuk memantau bagaimana pergerakan ususnya.

Tugas dasar lainnya ialah memastikan terkait dengan pakaian ataupun mengatur biaya pengeluaran untuk kamar privasi seorang raja. Mereka juga bisa menetapkan siapakah yang berhak untuk masuk ke kamar pribadi sang raja.

Baca Juga : Mengejutkan! Begini 5 Aturan Makan di Kerajaan Inggris

Menariknya lagi pekerjaan tersebut justru banyak dilakoni oleh sejumlah kalangan ningrat di kerajaan Inggris misalnya saja Sir William Compton. Namun sayangnya ia meninggal dunia pada tahun 1528 akibat sebuah penyakit.

Pekerjaan Sebagai seorang tukang cat baru dihapus total di tahun 1901 ketika Raja Edward VII naik tahta.

Previous articleMengejutkan! Begini 5 Aturan Makan di Kerajaan Inggris
Next articlePatut Di Catat! Berikut 3 Bahan Alami Pembasmi Kecoa