Yakin Makan di Angkringan Bisa Bikin Hemat Kantong?

472

Bagi kamu yang pernah tinggal di Jogja atau mengunjungi kota gudeg ini pasti tidak asing dengan sebuah tempat makan sederhana bernama “angkringan”. Menu andalannya ialah nasi kucing. Eits, tapi jangan salah, nasi kucing bukanlah nasi untuk kucing tapi nasi bungkus dengan porsi kecil yang diberi sedikit lauk. Harganya cukup terjangkau mulai dari Rp 1.500. Rasanya ada yang kurang kalau jalan-jalan ke Jogja tapi tidak mencicipi sensasi makan di angkringan, utamanya nasi kucing.
Mahasiswa Jogja biasanya sangat akrab dengan angkringan. Apalagi kalau sudah memasuki akhir bulan. Fase di mana uang mulai menipis sehingga memaksa mereka mengaktifkan mode “hemat” agar bisa bertahan hidup sampai uang gajian dari orang tua cair.
Namun benarkah makan di angkringan benar-benar efektif untuk berhemat? Harga deretan makanan yang dijual memang terjangkau. Tapi masalahnya kamu pasti ngga bisa kenyang hanya makan satu jenis makanan. Nasi kucing, misalnya, ngga akan bikin kamu kenyang kalau hanya makan satu bungkus. Alhasil, pelan-pelan tangan bergerak untuk menambah porsi. Bisa dua, tiga, hingga empat bungkus lagi.
Belum lagi dengan lauk tambahan yang terasa sangat menggoda. Apalagi lauk di dalam nasi kucing hanya ada satu macam. Kalau ngga tempe ya ikan teri. Oleh sebab itu lauk pendamping seperti gorengan maupun sate usus mau tidak mau harus kita beli juga agar nasi kucing yang dilahap semakin sedap.
Gorengan biasanya dibanderol dengan harga Rp 2.000 per 3 biji. Lalu untuk aneka sate biasanya dijual mulai dari harga Rp 2.000 juga. Tapi ingat! Satu tusuk sate pun pasti ngga akan bikin kenyang. Belum lagi untuk minuman seperti es teh atau es jeruk.
Mari kita berandai-andai sedang dalam kondisi lapar lalu datang ke angkringan. Setidaknya kita membutuhkan 3 porsi nasi kucing, gorengan 3 biji, dan sate 2 tusuk. Itu baru makanannya saja. Kita tentu butuh minum kan? Kita pun memesan es teh seharga Rp 3.000 (harga di setiap angkringan berbeda).Nah, sekarang mari kita hitung!Harga 3 porsi nasi kucing Rp 6.000, 3 gorengan Rp 2.000, untuk sate kita anggap saja harganya Rp 5.000 untuk 2 tusuk, lalu es teh Rp 3.000. Total uang yang harus kita keluarkan adalah Rp 16.000 (tentu tidak bisa dipukul rata). Padahal kalau makan di warteg biasa kita bisa saja mengeluarkan uang yang lebih sedikit.
Jadi, makan di angkringan tak selalu menjamin kamu bisa menghemat uang. Mungkin cara paling ampuh menghemat uang adalah puasa 🙂

[zombify_post]

Previous article4 Sikap Yang Bikin Kamu Di ‘CAP’ Tidak Profesional Dalam Dunia Kerja.
Next article8 Foto Masa Kecil Artis yang Ternyata Mirip Anaknya. Gemes, Kayak Kembar!