Yang Wajib Kamu Tahu tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tiap 1 Juni

168

Setiap awal bulan Juni, bangsa Indonesia memperingati hari tersebut sebagai hari lahirnya Pancasila. Sebagai warga yang baik, kita juga harus turut memperingati hari tersebut. Sebab, kata Soekarno, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah akan bangsanya.

Kita semua tentu saja sudah hafal dengan teks yang terkandung dalam Pancasila. Namun di sisi lain, kita juga harus tahu proses sejarah dalam peletakan poin-poin yang menjadi dasar negara republik Indonesia tersebut. Pasalnya, proses tersebut, seperti yang kita ketahui, merupakan hasil pengorbanan tenaga dan airmata para pendahulu kita.

Dengan adanya Pancasila ini, kita saat ini dapat hidup dalam negara dengan dasar-dasar yang jelas; menguatkan identitas kita sebagai sebuah bangsa. Kita dapat membayangkan seandainya tidak ada Pancasila, mungkin juga tidak pernah ada negara Indonesia– sebuah negara di mana kita hidup, mencari makan, dan berjuang untuk hal-hal yang patut kita perjuangkan.

Kali ini, kita akan sedikit membahas fakta-fakta yang wajib kita tahu terkait hari lahir Pancasila agar rasa cinta kita pada NKRI tetap terjaga dan rasa nasionalisme kita terus meningkat dari hari ke hari. Intinya, jangan sampai kita lupa tentang proses kelahiran Pancasila ini.

[zombify_post]

Previous articlePengen Belajar dan Punya Skill Baru atau Merawat Tubuh? Semuanya #BisaDariRumah!
Next articleInilah Gambaran Resepsi Pernikahan di Masa New Normal