Yuk Simak, Cara-cara Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

5
Yuk Simak, Cara-cara Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur
Sumber : Canva

Yuk Simak, Cara-cara Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur – Kematian adalah sesuatu hal yang manusia tidak dapat hindarkan.

Manusia tentunya tak akan tahu kapan ia akan menghembuskan nafas terakhirnya. Meski begitu, manusia harus selalu menjaga kesehatan dan melakukan hal-hal yang dapat membuat seseorang panjang umur.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang Jepang menduduki urutan teratas penduduk dengan umur yang panjang. Bahkan mereka cenderung susah untuk menua dan selalu tampak muda dan bugar.

Tak hanya Jepang, orang Australia Yunani yang tinggal di Melbourne menduduki peringkat kedua dengan penduduk yang memiliki umur yang panjang.

Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut. Mengapa penduduk di negara tersebut memiliki umur yang panjang dibanding dengan penduduk di negara lain?

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk memperpanjang umur dan membuat seseorang selalu tampak awet muda.

Yuk Simak, Cara-cara Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur
Sumber : Canva

1. Diet

Pola makan yang benar memang dapat membuat seseorang awet muda dan terhindar dari beragam penyakit. Melansir dari The Sun, Dr. Norman menjelaskan bahwa orang Australia Yunani selalu menjaga pola makannya.

Mereka tidak makan banyak daging merah. Mereka mengonsumsi banyak sayuran dan mendapatkan banyak protein dari lentil dan kacang-kacangan.

Selain itu, mereka juga kerap melakukan diet Mediterania. Pola diet ini merupakan diet rendah lemak dan rendah makanan olahan.

Diet ini dapat meningkatkan kesehatan dan membantu untuk mempertahankan berat badan serta  menjaga kadar gula darah tetap stabil.

2. Menanam Sayuran Sendiri

Sayuran yang ditanam sendiri memiliki nilai gizi yang lebih tinggi. Sayuran yang ditanam sendiri dapat menghindarkan penggunaan pestisida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, sayuran yang ditanam sendiri juga memiliki kualitas yang lebih segar.

3. Membeli Yang Segar

Tidak semua orang memiliki waktu untuk menanam sayuran dan buah-buahan sendiri. Namun hal itu tidak menjadi alasan, anda masih dapat membeli sayuran dan buah-buahan di toko.

Satu hal yang harus diingat, anda harus memastikan untuk membeli yang paling segar. Carilah sayuran yang renyah dan berwarna cerah yang tidak layu dan tidak terlihat lemas dan sedih.

4. Memasak Dengan Benar

Penyajian makanan dalam proses memasak juga harus diperhatikan betul. Pengolahan makanan yang benar akan membawa kita pada umur yang panjang.

Contohnya adalah olahan gorengan. Makanan yang  diolah dengan cara digoreng memiliki lemak yang berlebih yang menimbulkan kegemukan. Lebih baik mengurangi masakan yang diolah dengan cara digoreng.

Selain itu, penggunaan bumbu masakan yang tidak sehat juga sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh hingga membuat seseorang mudah terserang penyakit.

5. Berpuasa

Berpuasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Seseorang yang berpuasa akan lebih mudah mengontrol berat badannya. Selain itu, puasa juga dapat mengurangi risiko terkena beberapa penyakit seperti serangan jantung dan juga kanker.

Baca Juga : Mengapa Orang Punya Fobia Terhadap Sesuatu? Begini Penjelasannya!

6. Mengonsumsi Cuka

Dr Norman mengatakan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka seperti cuka apel dapat memperpanjang usia.

Cuka apel dapat menurunkan kadar gula darah sehingga menghindarkan seseorang dari penyakit diabetes. Selain itu, cuka juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

7. Beri Waktu Cheating Day

Menjaga tubuh tidak harus selalu dilakukan dengan cara yang ketat. Tubuh sesekali memerlukan asupan makanan yang berbeda dari biasanya.

Jangan terlalu memaksakan agar tubuh harus mengonsumsi makanan seperti sayuran saja. Sesekali konsumsi juga makanan yang dapat membuat tubuh tidak stress namun dalam porsi yang tidak berlebihan.

8. Mulai Dari Sekarang

Seluruh tips di atas tidak akan berhasil jika tidak ada niatan untuk memulai dari sekarang. Hidup yang sehat berasal dari diri sendiri, bukan dari orang lain.

Untuk itu, mulailah menjalani pola hidup yang sehat agar tubuh juga bisa selalu terjaga dan terhindar dari segala penyakit yang mungkin akan memperpendek usia.

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit dan proses penuaan dini.

Previous articleBisakah Obati Migrain dengan Hanya Dikompres Pakai Es? Ini Jawabannya
Next article5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Punya Rambut Sehat